otak.jpg

Tips Jitu Meningkatkan Daya Ingat Otak - Otak adalah alat salah satu karya terbesar yang diciptakan oleh Tuhan kepada kita untuk mengingat sesuatu hal bahkan beragam hal. Kalau kita analogikan dengan komputer, maka kapasitas otak kita jauh lebih besar dari sekadar hardisk, CPU dan RAM. Ya, sungguh luar biasa memang kemampuan otak ini. Sayangnya, masih banyak dari kita yang belum memaksimalkan fungsi kerja otak kita ini. Mungkin ketika kita masih SD, kita masih dapat mengingat semua kata demi kata yang ada di buku catatan, bukan ?. Beranjak SMP hingga SMA kemampuan kita mengingat sedikit pudar seiring berjalannya usia.

Kemampuan otak dalam menyimpan memori memang telah terbentuk sejak dilahirkan, tetapi bukan berarti Anda tidak dapat mengubahnya ketika dewasa. Seseorang dapat memperkuat fungsi mental dan meningkatkan daya ingatnya dengan melakukan latihan tertentu.

Beberapa penyakit terkait dengan memori seperti Alzheimer atau demensia yang membuat seseorang kehilangan memorinya. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membantu meningkatkan memori seseorang.

Berikut ini adalah cara meningkatkan daya ingat Anda yang saya kutip dari beberapa sumber :

Sujud

Otak berada di atas sedangkan jantung berada dibawah. Posisi sujud yang menempatkan kepala berada dibawah dan jantung berada di atas, membuat darah mengalir dengan deras keseluruh bagian otak. Seperti mobil yang bergerak pada jalan yang menurun, akan melaju dengan cepat walaupun tidak digas.

Begitu pula dengan darah. Mengalir cepat dengan membawa oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh bagian tubuh manusia. Inilah yang membuat daya ingat Anda lebih baik.

Sarapan Pagi

Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosa merupakan sumber utama energi bagi tubuh anda.

Berolahraga

Selama ini orang melakukan olahraga agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat, tapi ternyata olahraga juga bisa memiliki rahasia sebagai penambah memori. Bahkan dengan mengurangi beberapa kalori di dalam tubuh bisa membantu seseorang mengingat dimana ia meletakkan kunci.

Olahraga yang dilakukan tak perlu mahal atau berat, tapi dengan berjalan kaki, naik tangga atau bersepeda bisa menjadi penambah ingatan yang lebih baik dibanding tidak sama sekali.

Tarik Nafas Dalam-Dalam

Dengan bernafas melalui hidung anda bisa meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah anda, dan tentunya pada otak anda. Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fun gsi otak anda. Jika anda berminat, anda bisa mencoba melakukan olahraga pernafasan.

Buatlah Jurnal

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.

Santai

Untuk mencapai kesuksesan bukan berarti Anda harus kerja pagi pulang malam setiap hari. Sesekali tidak ada salahnya Anda bersantai, melamun dan lakukan aktivitas tanpa arti. Kegiatan tersebut memang terlihat tidak berguna, tapi tanpa sepengetahuan Anda ternyata melamun akan membantu kinerja otak dalam meningkatkan daya ingat.

Hindari Stress

Stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang nantinya akan mempengaruhi daya ingat otak.

Meditasi

Kegiatan ini sangat baik untuk otak, karena bertujuan untuk melatih seberapa fokus otak pada suasana sekitar.

Konsumsi Makanan Bergizi

Terutama yang menjadi sumber nutrisi yang dapat meningkatkan daya ingat. Misal : Madu, kuning telur, cokelat, susu olahan, kacang-kacangan, sayuran hijau, berry, beberapa jenis ikan, dll.

Bermain Video Game

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa bermain video game yang kompleks dapat meningkatkan daya ingat dan membuat otak Anda lebih cerdas. Seorang peneliti dari University of Illinois di Urbana-Champaign mengajarkan orang-orang di usia yang ke-60 dan 70-an bermain Rise of Nation, permainan yang mengharuskan Anda untuk membangun kota-kota, membuat pertahanan, memberi makan dan memperkerjakan warga.

Penelitian menemukan orang yang bermain game tersebut menjadi lebih baik ketika mengerjakan aneka tugas dibanding dengan mereka yang tidak bermain. Daya ingat, ingatan jangka pendek, dan kemampuan berpikir para pemain game ini juga meningkat.

Permen Karet

Percaya atau tidak, permen karet sebenarnya bisa meningkatkan kewaspadaan dan memori menjadi lebih baik. Hal ini berdasarkan hasil dua penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Appetite tahun 2002 dan 2004.

Dalam studi ini, orang yang mengunyah permen karet selama tahap pembelajaran tes tertentu memberikan hasil yang lebih baik. Kondisi ini kemungkinan karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung yang kemudian meningkatkan aliran darah ke otak.

Air Putih

Semua organ tubuh kita tidak terkecuali otak memerlukan air untuk menunjang kinerjanya agar lebih optimal. Dalam hal ini, minum air putih yang cukup merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk mempertajam daya ingat otak anda. Idealnya kita harus minum air putih 8 gelas air putih setiap harinya.

Memutar Memori Otak

Berusaha mengingat kenangan masa lalu yang indah merupakan salah satu tips mempertajam daya ingat otak anda. Seperti kenangan dengan teman-teman anda waktu disekolah maupun di bangku kuliah maupun kenangan indah lainnya.

Kafein

Meskipun banyak yang memperdebatkan keuntungan dan bahaya dari kafein, tapi tidak ada yang bisa membantah efek kafein terhadap kewaspadaan dan penambah memori. Berbagai studi yang dilakukan dalam 5 tahun terakhir menunjukkan kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek dan melindungi perempuan dari kehilangan memori.

Agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari kafein, usakahan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang aman dan tidak berlebihan. Hal ini untuk menghindari efek negatif dari kafein bagi tubuh.

Mencium Bau Sage

Sage sebagai tanaman dengan nama latin Salvia Officinalis dikenal sejak zaman dulu sebagai penangkal sihir dan kekuatan jahat. Sudah berabad-abad lalu sage juga ditanam orang untuk bahan bumbu masakan dan pengobatan. Mencium bau sage, bisa meningkatkan kemampuan kognitif pada tes memori dibandingkan pada daun tanpa aroma, laporan sebuah studi di Human Psychopharmacology.

Orang-orang yang mengambil sebuah kapsul berisi daun sage berprestasi baik di memori dan perhatian tugas satu jam kemudian. Selain itu, dalam studi Northumbria University, ditemukan lebih banyak energi dan kewaspadaan mental setelah empat jam setelah minum kapsul sage. Mengapa bisa seperti ini? Ramuan itu dapat membantu meningkatkan kewaspadaan Anda, membantu Anda mengasah dan memusatkan perhatian pada apa yang harus dilakukan.

Tidur Siang

Rahasia yang satu ini mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal tidur siang bisa meningkatkan memori deklaratif (memori yang berguna untuk menyimpan fakta-fakta). Jika sudah bekerja keras seharian, jangan ragu untuk tidur siang sejenak. Tapi pastikan untuk tidak tidur lebih dari 45 menit, hal ini untuk menghindari tidur yang terlalu dalam sehingga menghilangkan manfaatnya bagi memori.

Cara meningkatkan daya ingat intinya tidak lepas dari kegiatan yang melatih otak dan pengistirahatan otak. Untuk tips meningkatkan daya ingat otak ini bisa Anda terapkan tiap waktu. Jadi tidak perlu khawatir mudah lupa ingatan.

Keyword :daya otak, ingat, daya ingat otak