Saya telah memperbaharui konten blog saya beberapa hari, bahkan sebagian artikel pada beberapa bulan yang lalu. Setelah saya periksa Page Indexing terhadap blog saya pada Google Search Engine, ternyata ada beberapa artikel yang belum terindex. Mengapa hal ini bisa terjadi padahal blog ini telah terdaftar dan terverifikasi pada Google Webmaster?

Setelah mencari tahu penyebabnya ternyata masalahnya adalah karena akhir-akhir ini, setelah mengupdate konten, saya melupakan hal penting yaitu melakukan Ping Blog. Memang pada dasarnya, sebuah artikel ataupun sebuah halaman baru website bisa terindex secara otomatis oleh Search Engine tetapi itu kadang membutuhkan waktu yang lama, tergantung sejauh mana populernya website ataupun blog Anda bagi Search Engine.

Apa itu Ping Blog?

Dalam dunia blogging, ping adalah upaya mekanisme pushing berbasis XML-RPC, dimana sebuah weblog berusaha memberitahukan sebuah server bahwa isi atau kontennya telah diperbarui. Prosesnya, sebuah sinyal XML-RPC (contohnya adalah Sitemap dan RSS Feed Blog) dikirim dari weblog untuk ke tujuan sebuah atau lebih Ping Server (dikendalikan oleh weblog) untuk memberitahukan daftar konten terbarunya. Sebuah Ping Server kemudian dapat memberitahu beberapa layanan ketika melakukan ping, antara lain;

  • Mesin pencari (Search Engine)
  • Direktori situs
  • Website News
  • Agregator
  • Feed Website, misalnya FeedBurner
  • Dan sebagainya

Saat ini, sebagian besar webblog telah memiliki satu atau lebih alat otomatis ping server setiap kali blogger membuat posting artikel baru atau mengupdate (memperbaharui) konten post yang lama. Jika tidak; Lakukan Ping Blog Manual!

Meskipun Ping tidak menambah nilai suatu website dalam menentukan peringkat di Search Engine, namun itu sangat berguna membantu mesin robot Web Crawler dari Search Engine menemukan konten secara lebih cepat, yang dapat memberikan visibilitas konten untuk dimunculkan segera pada halaman Search Engine, sehingga nantinya bisa menarik lalu lintas visitor yang banyak ke blog kita.

Penutup

Demikianlah sekedar informasi yang bisa saya bagikan, yaitu betapa pentingnya melakukan Ping Blog untuk memberi tahu Search Engine bahwa blog kita telah diperbaharui kontennya serta dampaknya terhadap blog kita. Tak lupa saya bagikan dua link external ke website layanan Ping Blog yang bisa Anda manfaatkan:

Posted by HanafiPedia Newbie