Assalamualaikum Wr.Wb

subuh.jpg

Sholat subuh adalah satu dari lima waktu sholat fardhu yang wajib kita lakukan sebagai seorang muslim. Bisa dibilang, sholat subuh adalah sholat yang paling berat cobaannya.

Hal itu dikarena waktu sholat subuh bertepatan dengan waktu kita tidur. Tidak bisa dipungkiri, kita kadang merasa sulit untuk bangun lalu melaksanakan sholat subuh.

Baca Juga : Mengapa Blogger Sering Copy Paste Artikel ?

Mungkin di karenakan terlalu nyenyak tidur sehingga bangun kesiangan, lalu waktu sholat subuh pun habis. Atau kita sudah memang sudah mengatur alarm, tapi ketika alarm berbunyi dalam keadaan mengantuk kita malah mematikannya. Nah, karena kesiangan itulah kita sering berpikir jika kita tidak bisa melaksanakan sholat subuh karena waktu subuh sudah habis dan matahari sudah muncul. Namun, perlu diketahui jika anggapan itu SALAH! .

Hal ini pernah terjadi pada diri Rasulullah saw. Suatu ketika Rasulullah saw sedang dalam perjalanan. Ketika malam, beliau saw dan para sahabat tertidur hingga matahari terbit. Seketika itu, beliau saw memerintahkan Bilal untuk adzan dan iqamah. Akhirnya, Rasul saw dan para sahabat shalat subuh di kala matahari telah terbit.

Karena sholat subuh merupakan kewajiban maka kita tetap harus melaksanakannya walaupun kita kesiangan. Dengan catatan, kesiangan tersebut karena ketidaksengajaan. Seperti kesiangan karena kelelahan setelah bekerja.

Baca Juga : Cara Membuat Link di Blog Yang SEO

Namun, jika kita kesiangan dengan alasan yang tidak penting contohnya karena begadang menonton sepakbola itu merupakan tindakan yang tidak dibenarkan. Karena itulah apapun alasan kita kesiangan, kita harus tetap melaksankan sholat subuh.

Setelah kita bangun, bergegaslah wudhu lalu sholat. Ada baiknya, kita meninggalkan hal-hal yang tidak perlu seperti begadang. apalagi hanya untuk menonton televisi. Karena, selain menyebabkan kesiangan, begadang juga malah mengganggu kesehatan tubuh kita.

Wasallam'alaikum Wr.Wb