presen.png

Presentasi didepan kelas memang akhir-akhir ini digalakkan oleh para pendidik kita, mulai dari tingkat Kuliah, SMA, SMP, bahkan tingkat SD pun sudah diberi tugas untuk mempresentasikannya didepan kelas.

Baca Juga : Fakta Halusinasi Pada Anda

Nah, lalu bagaimana kiat agar presentasi yang kita bawakan memperoleh penilaian yang bagus dari para pendengar ? Yuk ikuti tips ampuh dibawah ini :

1.PEDE Aja Brow !

Jangan takut kita ngomong salah, keluarin aja yang ada dipikiran kamu, lalu sampaikan. Jangan pedulikan semua mata yang memperhatikan kamu. Anggaplah mereka itu bobotoh, dan kamu adalah persib. Mereka itu suporter kamu. Yakinlah, sesungguhnya saat presentasi kamu adalah bintang yang paling ditunggu. Jadi Pede aja ya brow.

2. Gak menguasai materi? Ya, Improvisasi!

Perlu kamu ketahui, para pendengar, dosen atau guru itu gak peduli tentang materi yang akan dibawakan. Mereka hanya peduli bagaimana kamu membawakan materi itu. Jadi gak penting tuh kamu hafal materi ato gak, yang penting kamu ngomongnya enak didengerin, gak ngebosenin, gak bikin ngantuk. Makanya improvisasi aja, artinya walaupun kamu gak tau tu materi tentang apa, kamu jangan jujur! Bicaralah seolah-seolah kamu ahli dalam bidang itu. Bayangkan kamu itu seperti politikus. Kebanyakan dari mereka sebenernya gak tau apa-apa tuh tentang negara. Tapi karena bisa ngomong dan pinter nge-Les jadilah mereka negarawan yang sukses. :D

3. Bikin Audiens Tertawa !

Ini adalah cara paling ampuh untuk menyegarkan suasana yang krik..krik.. Berilah sedikit joke atu becandaan yang masih berhubungan dengan materimu. Misalkan, kamu sedang membahas tentang masalah Fertilitas atau perkawinan. Kamu boleh aja mengatakan begini. "Sebenernya saya mau memperlihatkan video bagaimana kucing lagi kawin. Tapi berhubung itu termasuk video bok*p yang bisa bikin saya di DO, jadi saya skip aja langsung ke pembahasan perjalanan sperma hingga ketemu si ovum"

:D

Baca Juga : Fakta Halusinasi Pada Anda

4. Jangan Kelamaan !

Semenarik apapun wajahmu, semerdu apapun suaramu, sehebat apapun pesonamu, selucu apapun joke kamu, Audiens pasti akan bosen dengerin kamu. Oleh karena itu, jangan kelamaan kalo peresentasi ! 5 menit aja cukup.

5. Buat Audiens Penasaran

Kalo kamu udah ngelakuin langkah-langkah diatas 1-4, pasti audiens akan penasaran dan selalu nunggu kamu kalo presentasi. Nah, kalo sudah tahap ini, SELAMAT ! Anda sudah berhasil menaklukan audiens.

Nah, itulah sedikit tips dari saya bagaimana cara agar kita dapat dengan baik dalam membawakan presentasi baik didepan kelas maupun diforum yang lain. SELAMAT MENCOBA !