ww.gif

Berbagai perbedaan antara (WEB) dengan Mobile Internet (WAP) dan juga (BLOG) sering kali menjadi perbincangan bagi para pemula di dunia internet, tentang langkah yang di ambil ketika memulai membuat sebuah situs.

Menurut saya perbedaan bisa juga di tinjau dari dalam hal konektivitas dan mobilitas pengguna. Secara dasar dapat di golongkan menjadi beberapa bagian. Ayo kita obrak abrik sob..

WEB

1. Lebih tertuju menggunakan jaringan kabel tetap. karena lebih mengarah kepada para pengguna yang memiliki mobilitas rendah.

2. Komputer adalah alat utama sebagai terminal data pengguna. karena lebih memilih menggunakan kapasitas memori komputer yang cenderung sangat besar. 3. Lebih mengarah ke ukuran layar display komputer. karena tampilan nya cenderung sangat besar.

4. Pemrograman bisa dalam bentuk apa saja. seperti PHP, ASP, dan lain-lain. Dan untuk mempermudah biasanya hanya dalam bahasa HTML (Hyper Text Markup Language)

WAP

1. Lebih sering ditujukan kepada pengguna jaringan tanpa kabel (radio). karena fokus nya untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

2. Sedangkan telepon genggam (HP) adalah sebagai terminal utama yang di pakai pengguna. karena lebih memilih kapasitas memori telepon genggam (HP) yang cenderung kecil.

3. Lebih mengutamakan ukuran layar display telepon genggam (HP). karena dibuat untuk resolusi yang sangat kecil.

4. Bahasa pemrograman yang dipakai juga beragam. namun bagi yang berfokus agar hanya bisa di pantau melalui handphone saja biasa nya lebih tertuju dalam bahasa WML (Wireless Markup Language).

BLOG

Pada intinya, Blog merupakan gabungan kedua nya, bisa WEB, bisa juga WAP. namun BLOG memiliki beberapa setruktur:

1. Artikel menjadi mediasi utama terbentuknya sebuah blog. Dengan bentuk sebuah artikel terbaru di depan, blog bisa juga diartikan sebagai diary online, tempat GOBLOGGER'S menulis dan memajang aktifitasnya, berdasarkan urutan waktu.

2. Mudah nya fasilitas dalam menambahkan konten baru. Biasanya blog memiliki dashboard untuk mengelola artikel yang sangat mudah digunakan, walaupun oleh pengguna internet awam sekalipun. Karena hal inilah blog lebih dipilih, sebab membuat pengguna internet awam dapat mempublikasikan tulisannya dengan mudah.

3. Konten sering diupdate secara berkala. Apabila blog dirawat dengan baik. Hal ini dapat membuat pengunjung selalu kembali untuk mendapatkan konten terbaru yang di carinya.

4. Blog lebih mudah dan memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar. Website atau Wapsite biasa nya hanya menyediakan komunikasi satu arah, dan pengunjung hanya akan menerima apa yang diberikan publisher secara gamblang, berupa konten download dan lain-lain, namun Blog memberikan komunikasi dua arah kepada pengunjung, karena konten yang di publikasikan dapat diberi sebuah komentar atau lebih, dan komentar dapat dibalas dengan komentar lain, sehingga tercipta diskusi disana.

5. Blog bisa di nilai sebagai alat percakapan. Karena sifatnya yang tidak hanya sekedar memberikan informasi kepada pengunjung, namun di sisi lain blog sering melakukan percakapan dengan pembaca nya menggunakan media tulisan. Dari sinilah sering sekali ide dari banyak orang bercampur aduk melalui media blog. Dan percakapan via blog ini nantinya akan mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya adalah membangun hubungan antar manusia. Dari kesimpulan ini dapat diartikan BLOG mempunyai banyak perbedaan dengan WAP juga dengan WEB, walaupun pada dasarnya WAP, WEB, BLOG adalah hal yang sama. semoga bermanfaat sobat.. :)