Pada postingan kali ini saya akan menulis tulisan sederhana mengenai Penting Mana "Belajar" atau "Ngeblog" ?. Artikel kali ini saya buat untuk para blogger yang masih berstatus sebagai pelajar, dan salah satunya adalah saya sendiri. Kurang lebih artikel yang akan saya tulis kali ini berisi bahwa seorang blogger yang masih berstatus sebagai pelajar harus bisa memanagement waktunya sebaik mungkin.

Saya menulis artikel kali ini sebenarnya karena adanya saran dari sahabat yang meminta saya untuk membuat artikel untuk para blogger untuk tidak mengenyampingkan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Nah, kalau begitu langsung saja kita menuju ke pembahasan utamanya mengenai Penting Mana "Belajar" atau "Ngeblog" ? .

unduh0.jpgBelajar sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seoarang pelajar. Namun, entah kenapa sekarang kebanyakan pelajar sangat malas untuk belajar, boro-boro belajar megang buku saja malas. Mungkin hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti :

1. Sering keasyikan main game.

2. Terlalu sering aktif di sosmed dengan alasan yang tidak penting.

3. Pacaran.

4. Pergaulan yang tidak baik, dll.

Kemungkinan besar itulah faktor yang menyebabkan pelajar malas untuk belajar, salah satunya saya. Lalu apakah kita sebagai seorang pelajar harus selalu belajar tanpa adanya refreshing? sebenarnya boleh-boleh saja dan itu juga tidak masalah. Tapi, kita harus bisa membagi waktu dengan baik. ada waktunya kalian untuk belajar dan ada juga waktunya kalian untuk bermain. Intinya kalian harus pintar dalam membagi waktu.

Sama halnya dengan seorang blogger yang masih menjadi pelajar sekolah (SD,SMP,atau SMK/SMA). saya tahu jika kalin pasti sangat ketagihan dengan namanya blog, dan itu tidak bisa dipungkiri dan kebanyakan kalian menjadi seorang blogger tujuan kalian adalah bisa menghasilkan uang, benar bukan? jujur saja, karena saya juga seperti itu.

Tidak ada salahnya juga jika sebagai pelajar kalian menjadi seorang blogger. Tapi, jangan sampai kalian mengenyampingkan tugas utama kalian sebagai seorang pelajar hanya gara-gara kalian menjadi seorang blogger. Saya mngetahui bahwa blogger memiliki banyak manfaat yang bisa kita peroleh.

Namun, kita jangan lupa dengan belajar, bukan belajar saja tapi meliputi semua kegiatan kita, salah satunya adalah membantu orang tua di rumah. tentunya jika kalian adalah seorang blogger yang masih sebagai pelajar, kalian harus seperti yang saya katakan tadi yaitu bisa membagi waktu dengan baik. disini saya akan mencoba memberikan sedikit tips kepada kalian agar kalian bisa melakukan aktivitas blogging disamping kalian tidak meninggalkan kegiatan belajar kalian. berikut ini adalah tips-tipsnya :

1. Menjadwal Kegiatan Blogging

Maksudnya, disini kalian harus menentukan kegiatan blogging yang akan kalian lakukan. misalnya kalian ingin melakukan blogging setelah atau sebelum belajar atau mungkin kalian satu minggu sekali, dan lainnya.

Dengan melakukan penjadwalan itu kalian bisa menjalankan kewajiban sebagai seorang pelajar dan tentunya kalian bisa melakukan kegiatan blogging. memang tidak bisa di elak memang terkadang blogging bisa membuat kita menjadi malas belajar atau melakukan sesuatu, karena hal seperti itu sering sekali saya alami. Namun, jika kalian bisa membagi waktu dengan baik saya kira rasa malas belajar itu bisa teratasi.

2. Belajar Sambil Ngeblog

Tips selanjutnya adalah Belajar Sambil Ngeblog. pasti kalian bingung maksudnya belajar sambil ngeblog itu bagaimana? dan lagipula apakah juga bisa? Tentunya bisa. maksudnya disini kalian bisa menjadikan blogging sebagai wadah kalian untuk belajar. jadi bisa sekaligus belajar dan ngeblog.

masih bingung? jika kalian masih belum paham, di bawah ini saya akan memberikan ilustrasinya.

unduh1.jpg

Ilustrasi : Mentari memiliki blog berisi pelajaran untuk sma. karena blognya berisi pelajaran, tentunya mentari mencari referensi dari buku pelajaran sma yang dimiliki. dari situ mentari bisa menulis artkel di blog dari buku pelajarannya yang telah dibaca tadi dengan bahasanya sendiri. sehingga mentari bisa belajar sambil ngeblog.

Dari tips kedua ini, kalian bisa melakukan aktivitas blogging sepanjang hari tanpa meninggalkan aktivitas belajar kalian. selain itu, kalian juga bisa membacanya kembali jika buku kalian hilang atau dipinjam oleh orang lain dan tentunya juga memberikan manfaat kepada orang lain.

Mungkin hanya sampai sini saja tulisan sederhana mengenai Penting Mana "Belajar" atau "Ngeblog" ? , jika kalian memiliki tips yang lain selain yang telah saya sebutkan di atas silahkan untuk menulisnya di kotak komentar, hitung-hitung berbagi hal yang bermanfaat, jangan lupa juga untuk memberikan kritik dan juga sarannya ya.

terimakasih