info1.gif

Pengertian Visitor, Unique Visitor, Page View, Dan Bounce Rate

Dalam kegiatan blogging mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan judul pada postingan ini. Ya semua itu adalah salah satu parameter yang utama dalam suatu keberhasilan sebuah blog / webs. Setidaknya ada 4 istilah yang sering kita lihat yaitu Visitor, Unique Visitor, Pageview, serta Bounce Rate.

Ok Pada postingan kali ini, saya akan akan menjelaskan sedikit tentang istilah-istilah tersebut.

Apa Itu Visitor?

Pastinya sudah sangat familiar dengan kata ini. Visitor adalah seseorang yang mengunjungi atau membuka blog kita, entah itu membuka karena sengaja, maupun membuka karena suatu kebetulan, bisa juga karena hasil dari Blogwalking..

Artikel Terkait : Cara Blogwalking Yang Baik

Statistik tersebut menunjukkan semua jumlah pada kunjungan yang telah terjadi.

Pengertian Page View / Tayang Laman

Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh Visitor / pengunjung. Contoh : anda mengunjungi blog ini lalu membaca 3 postingan di blog ini, maka pageview blog ini adalah 3 karena anda membuka 3 halaman di blog ini. Jadi, semakin banyak Visitor, memungkinkan sebuah website / blog memiliki banyak Pageview.

Artikel Terkait : Cara Meningkatkan Trafik Blog

Apa Yang Dimaksud Unique Visitor?

Unique Visitor / visitor unik adalah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Contoh : Saya mengunjungi blog anda dan karena blog anda bagi saya sangat bermanfaat, lalu saya menyimpan atau membookmark blog anda. Dan setiap saat saya selalu mengunjungi blog anda.

Jumlah Unique Visitor merupakan salah satu bagian yang penting keberhasilan sebuah blow / website. Karena Semakin tinggi jumlah Unique Visitor tersebut, maka semakin bagus juga untuk suatu bagi kesuksesan bagi sebuah blog / website. Dan ini juga akan berpengaruh baik pada ranking alexa pada blog kita.

Artikel Terkait : Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank

Apa Itu Bounce Rate?

Bounce Rate Adalah rata-rata angka persentase antara tingkat setiap kunjungan dengan page views kunjungan ke halaman posting blog. Artinya antara jumlah kunjungan dibagi kunjungan tiap halaman dalam setiap jangka waktu tertentu. Mengapa dalam jangka waktu tertentu? Karena ini ada hubungannya dengan sistem perangkingan google atau pagerank..

Contoh : jika perharinya ada Visitor 35 dengan Pageviews 70, maka hitungannya adalah 35 / 70 = 50%. Jadi Bounce Ratenya adalah 50%. Manakah yang lebih bagus Bounce Rate tinggi atau rendah? Jawabannya adalah jelas bagus yang rendah. Karena jika misalnya Pageviews lebih banyak, yaitu kita ubah menjadi 210, maka Bounce Rate menjadi = 16,66%. Apa arti dari angka diatas? Jumlah Visitor 35 orang perharinya dengan membuka setiap halaman sebanyak 70 berarti seorang Visitor / pengunjung tidak lebih membuka dari 2 artikel. Sedangkan contoh kedua, yaitu jumlah Visitor 35 dengan Pageviews 210 berarti rata-rata 1 Visitor membuka 4-5 artikel atau postingan.

Kesimpulanya Bounce Rate ialah pengunjung yang hanya datang untuk melihat satu halaman di website Anda dan langsung keluar dari website / blog kita. Semakin tinggi nilai Bounce Rate kita mengindikasikan sebagian besar pengunjung kita, berarti visitor ke blog kita tidaklah menemukan apa yang mereka cari di blog kita. Jadi buatlah artikel / postingan yang banyak dicari orang.

Ya mungkin hanya itu sedikit penjelasan tentang Visitor, Unique Visitor, Pageview, Dan Bounce Rate, Semoga artikelnya membantu.