Assalammualaikum wr wb.

di bumi tempat makhluk hidup tinggal dan tempat yang paling aman untuk dihuni, dan dibumi mempunya waktu siang dan malam, ya tau tidak kenapa bisa terjadi Siang dan malam di bumi, ya karna bumi berputar pada porosnya, ya udah pada tau la ya pelajaran anak SD ini biggrin ,ya makanya itu terjadi siang dan malam, tapi tau kah anda ada negara-negara di bagian belahan bumi waktu siang dan malamnya yang begitu aneh, bersyukur lah kita bisa merasakan siang dan malam setiap hari,

dan berikut daftar negara yang. Siang malamnya yang sangat aneh,:

SWEDIA

swedia.png


Negara sweden atau swedia terletak di belahan bumi bagian utara, di negara tersebut proses siang dan malam berbeda dengan negara kita indonesia. Karena letak geografisnya di kutup utara, saat musim panas tiba orang- orang di swedia tidak menemukan kondisi malam hari, Dan pada musim dingin tiba, mereka hanya merasakan waktu siang yang sangat singkat yaitu 2 sampai 4 jam saja. Wah betapa sangat merindukannya kedatangan malam.bahkan mungkin penduduk islam di sana pun hanya memperkirakan untuk sholat magripn isya dan subuh .

ALASKA


alaska.png


Alaka merupakan negara yang juga terletak di bagian kutup utara, saat musim panas tiba cahaya matahari menyinari mereka yang tinggal di sana selama 24 jam lamanya.

Dan biasanya musim panas terjadi selama enam bulan lamanya, selama itu mereka hanya akan melihat siang hari saja. Namun walaupun saat musim panas, cuaca tidaklah sepanas yang kita bayangkan. Karena sinar matahari tidak memberikan cahaya ke seluruh purmakaan yang di sebabkan oleh cahayanya yang hanya muncul 2.3 derajat di atas horison.


alwayssunny-4.jpg
Keadaan malam hari di Alaska

FINLAnDIA


matahari%2Btengah%2Bmalam.png


Kali ini hal yang serupa dengan negara alaska dan swedia, sebuah provinsi bernama LAPLAND , yang terletak di negara finlandia, pada tahun 2000 memiliki jumlah penduduk sebanyak 188.777 jiwa.

Provinsi tersebut memiliki fenomena paling aneh di dunia yaitu terbitnya matahari di tengah malam atau yang di sebut midnight sun, Hal tersebut terjadi 2 bulan lamanya. selama 24 jam penuh. midnight sun terjadi pada bulan juni dan juli setiap tahunya.


alwayssunny-1.jpg


tebak jam berapa di foto tersebut, yaitu jam 10:00 malam

NORWEGIA


midnight.png


Negara norwegia juga terletak di bagian kutup utara, negara ini juga memilii fenomena yang sama dengan finlandia yaitu munculnya matahari tengah malam atau midnight sun. Seperti pada gambar di atas feno0mena alam tersebut menunjukkan matahari seolah tidak mau tenggelam dan hanya menyinari dari samping saja, dan di negara norwegia ini juga mengalami midnight sun selama 6 bulan selama 24 jam lamanya.


alwayssunny-2.jpg


Seperti inilah tepat tengah malam di Nerwegia

dan ada juga di kota Rjukan, Norwegia yang merupakan kota tanpa cahaya matahari. Meski matahari bersinar terik, kotanya akan tetap gelap. Mengapa bisa begitu?

Kota Rjukan masuk dalam kawasan Telemark, tepatnya di lembah di kaki Gunung Gaustatoppen. Jarak dari Kota Oslo, ibukota Norwegia ke sana sekitar 2 jam 30 menit. Rjukan, sebenarnya kota industri dan bukan kota wisata.
Namun, Rjukan selalu bikin traveler penasaran. Bukan karena bentang alam, sejarah atau pun budaya, melainkan karena fenomena berupa kota ini tidak terkena cahaya matahari!


070810_kaca1.jpg?w=300&q=90
Cahaya matahari yang di pantulkan dari kaca di kota rijukan


Dari situs resmi Visit Norway yang dilongok detikTravel, Jumat (10/7/2015) fenomena tersebut terjadi selama 6 bulan dalam setahun, dari sekitar bulan September sampai Maret kala musim dingin tiba. Sebenarnya, matahari muncul saat itu tetapi cahayanya tidak sampai ke kotanya. Mengapa bisa begitu? Jawabannya adalah karena lereng-lereng curam dan pegunungan yang mengepung kotanya. Uniknya saat musim- musim lain, cahaya matahari justru bisa menyinari kotanya. Mungkin, gara-gara posisi mataharinya saja.


070820_kaca2.jpg?w=300&q=90
Kaca besar untuk memantulkan cahaya matahari



itu lah beberapa negara yang waktu siang malam nya yang aaneh, begitu besar kuasa Allah,
ya semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Terima kasih

dikutip dari berbagai
SUMBER