spam.png

Setiap artikel yang dibagikan sudah pasti ingin dikomentari guna untuk mendapatkan masukan, kritik dan lain sebagainya dari Sang Komentator.

Namun cukup disayangkan karena tidak semua komentar yang masuk berupa komentar yang berkualitas dan malah menurunkan kualitas web tersebut. Komentar tersebut lebih dikenal dengan istilah komentar SPAM.

Dalam arti bahasa Inggris, Spam berarti Sampah. Yang melakukan tindakan tersebut dinamakan Spammer yang berarti Pembuang Sampah.

Contoh-contoh Komentar Spam

1. Komentar berisi link aktif

Ada sebagian Sang Komentator menyisipkan link aktif kedalam komentarnya dengan maksud tersendiri dan itu bukan suatu tindakan yang disukai oleh Mesin Pencari. Terkadang tindakan ini dilakukan oleh para pengguna blog atau web yang masih pemula atau amatir dengan istilah kerennya Newbie. Biarpun komentarnya berkualitas tapi berisi link aktif maka itu akan menjadi sebuah masalah juga.

2. Komentar yang cukup pendek

Komentar pendek yang di maksud sini yaitu komentar yang bersifat memuji ataupun melenceng dari isi artikelnya. Contoh yang sering dijumpai seperti kunbal ya, nice post, sangat bermanfaat, izin nyimak dan sebagainya. Komentar sepeti ini sangat jelas bahwa Sang Komentator tidak membaca artikel tersebut dan langsung berkomentar. Namun jika komentar ini dilanjutkan dengan komentar yang relevan dan tidak melenceng maka itu bukan masalah.

3. Komentar panjang tapi melenceng dari isinya

Memang komentar seperti agak jarang adanya namun tetap saja komentar semacam ini tidak baik untuk sebuah web. Bisa jadi komentar seperti itu hasil dari copasan, untuk promosi atau masuk kategori komentar memuji tetapi di buat agak panjang agar tidak dikira komentar spam oleh adminnya.

Ini hanya beberapa contoh yang sering dijumpai dan lebih mudah dimengerti saja. Kalau kita telusuri lebih lanjut maka akan ada lebih banyak lagi contoh dari komentar spam.

Bahaya Komentar Spam

Komentar spam atau sampah hanya akan menurunkan reputasi blog Anda di mata pengguna dan mesin pencari. Google akan memasukkan blog Anda sebagai "spammer" dan tentu akan "dicuekin" di indeks Google, bahkan dimasukkan ke SandBox dan akhirnya dibanned.

Bahkan konten yang diberikan oleh pelaku spam dapat mengarah ke situs berbahaya yang dapat memberikan pengaruh negatif kepada web tersebut.

Cara Mencegah Komentar Spam

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Memang kata-kata ini tidak pas ditempatkan disini. Namun tindakan mencegah selalu lebih baik dilakukan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut beberapa cara mencegah komentar spam.

1. Mengaktifkan moderasi komentar

Mengatur Moderasi Komentar untuk aktif adalah salah satu cara untuk mencegah komentar spam. Terlepas dari itu semua tergantung kepada Adminnya untuk menghidupkan atau mematikannya.

2. Selalu memantau komentar

Bukan berarti setelah moderasi komentar aktif kita berlepas tangan begitu saja. Namun pantauan ulang harus dilakukan juga guna untuk menyaring komentar spam.

3. Memakai widget anti spam

Menggunakan Widget Anti Spam ini bisa menjadi salah satu perisai pencegah atau pembantu melawan komentar spam. Seperti itulah yang disebutkan di Iwebtool

4. Mengunakan Captcha di komentar

Captcha adalah salah satu sistem keamanan yang dibuat agar robot tidak bisa menembusnya dan hanya bisa di lewati oleh manusia. Namun tetap saja banyak manusia tidak bisa melewati kode Captcha ini dan penggunaan Captcha ini sebaiknya tidak dilakukan terkecuali banyak komentar yang masuk dari robot.

Itulah sedikit pemaparan yang dapat saya berikan tentang komentar spam. Namun perlu diingat yang bahwa komentar spam ini bukan satu-satunya syarat dari SEO nya sebuah web yang ingin menjadi primadona Search Engine. Maka dari itu segala kekurangan yang disampaikan diatas diharapkan bisa dimaklumi dengan mencari referensi yang lain.

Diambil dari banyak referensi.

tags : komentar spam cara mencegah komentar spam contoh komentar spam bahaya komentar spam spam komentar spam comment

4. Mengunakan Captcha di komentar