Agama Islam sangat memperhatikan secara detail apapun kegiatan sehari-hari yang dilakukan umatnya. Setiap kegiatan yang dilakukan, pasti memiliki adab dan tata caranya.

Begitu juga dengan Memotong Kuku yang memiliki adab dan tata caranya sesuai yang dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad Sallallahu'alaihiwasallam.

Sebagai seorang muslim, sebaiknya kita mengikuti segala hal yang diperintahkan oleh Agama Islam. Karena jika tidak, hal itu akan berpengaruh pada kualitas ibadah kita. Berikut ini Hikmah Memotong Kuku Sesuai Dengan Tuntunan Nabi Muhammad S.A.W

1. Hikmah Memotong Kuku

Memotong kuku merupakan satu dari dari sepuluh sunnah Rasulullah Sallallahu'alaihiwassallam. Maka jika kita melaksana Sunnah Rasul maka kita akan mendapatkan pahala.

2. Urutan Memotong Kuku

Di sunnahkan memotong kuku dimulai dari jari telunjuk tangan kanan sampai jari kelingking. Sedangkan tangan kiri dimulai dari jari kelingking sampai jari telunjuk. Lalu ibu jari tangan kiri dan kanan. Sedangkan untuk jari kaki, berurutan dimulai dari jari kelingking kaki sebelah kanan sampai jari kelingking kaki sebelah kiri. (Lihat Gambar)

urutan-potong-kuku.jpg

3. Waktu Memotong Kuku

Memotong kuku sebaiknya lakukan pada hari jum'at, tepatnya sebelum melaksanakan sholat jum'at. Sebagaimana hadist riwayat Muslim : "Disunnahkan mandi, bersiwak, memakai wangi-wangian, berpakaian rapi sebelum pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat Jum'at."

4. Larangan Memotong Kuku Saat Sedang Junub

Dilarang memotong kuku saat junub dikarenakan segala potongan itu akan kembali keakhirat bersama kita. Maka dari itu, sebelum memotong kuku, kita harus mandi junub dahulu agar potongan kuku tersebut juga suci dari junub.

5. Larangan Memanjangkan Dan Mewarnai Kuku

Jika kuku dipanjangkan niscaya akan berakibat buruk. Seperti mengganggu hukum wudhu dan mandi wajib. Karena air akan sulit melalui celah-celah kuku. Kuku yang diwarnai juga dapat berakibat buruk seperti menghalangi masuknyaair saat sedang berwudhu. Dan itulah Hikmah Memotong Kuku Sesuai Dengan Tuntunan Nabi Muhammad S.A.W . Ada baiknya kita mengikuti apa-apa yang agama Islam perintahkan serta senantiasa menjalankan sunnah Rasul, karena semua itu akan berdampak baik bagi ibadah serta kehidupan kita.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya