google logo

Selain memberikan akses mudah ke miliaran laman web, Google memiliki banyak fitur khusus untuk membantu Anda menemukan sesuatu yang dicari (search query) pada mesin pencari (search engine) mereka. Beberapa fitur paling populer tercantum di bawah ini:

1. Pencarian Situs
Yang satu ini sungguh jenius. Hanya dengan mengetik kata kunci di sebuah situs tertentu, maka Google akan mencari dan mengumpulkannya untuk Anda. Misalnya, Anda mencari berita-berita Manchester United di situs Telegraph. Anda cukup menulis  site:telegraph.co.uk manchester united , maka Anda akan mendapatkan berita-berita tentang Manchester United yang ada di situs Telegraph.

2. Mencari Jenis File
Google juga menyediakan pencarian file-file dalam berbagai jenis di seluruh jagat maya, misalnya PDF atau Word. Anda hanya tinggal mengetik topik pencarian dan tipe filenya. Contoh: ketik  climate change filetype:pdf .

3. Penerjemah Bahasa
Mungkin fitur yang satu ini sudah umum. Google menyediakan cara mudah untuk menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lain hanya dengan mengetikkan kata atau kalimat. Misalnya, Anda ingin mengartikan buah apel ke bahasa Spanyol, maka cukup ketik  translate apple to spanish  maka akan keluar kata buah apel dalam bahasa Spanyol, yaitu manzana. Atau coba masukkan beberapa kalimat dan Google akan menerjemahkannya untuk Anda.

4. Mengetahui Zona Waktu
Bagi yang sering bepergian ke luar negeri atau memiliki sanak keluarga yang tinggal di luar negeri, maka Anda dapat mengetahui waktu Anda di Indonesia dan waktu teman atau keluarga di luar negeri. Fitur itu berguna untuk mengetahu zona waktu di negara lain. Tinggal ketik  time in Los Angeles  jika ingin mengetahui pukul berapa sekarang ini di Los Angeles, AS.

5. Kalkulator
Banyak orang yang tidak menyadari Google sebenarnya bisa menghitung layaknya sebuah alat kalkulator. Kalkulator yang dimiliki oleh Google pun sejatinya cukup lengkap, baik untuk hitungan dasar sampai hitungan logaritma, seperti hitungan konstanta dan kode Cos serta Sin. Contoh: ketik  7*2+(sqrt 10)^3  pada kolom pencarian dan Anda akan mendapatkan hasil perhitungannya.

6. Alat Konversi
Anda dapat mengkonversi suatu mata uang ke mata uang lain dalam waktu singkat. Tidak hanya mata uang, Anda juga mengkonversi ukuran berat, suhu, jarak, dan lainnya. Contohnya:  300 us dollars in rupiah , atau konversi untuk mengetahui ukuran jarak, misalnya:  1500 inches in cm  di kolom pencarian Google.

7. Mengecek Status Penerbangan
Yang satu ini penting bagi Anda yang ingin menjemput seseorang di bandara. Untuk mengetahui jadwal penerbangan pesawat, Anda tidak perlu susah-susah mencarinya di situs suatu perusahaan penerbangan. Google sudah membuat fitur yang memungkinkan Anda mengecek suatu penerbangan dengan sederhana. Anda hanya tinggal mengetik nomor penerbangan, maka Anda akan mendapatkan secara rinci status penerbangan itu. Misalnya, Anda mengetik  BA 335 , maka akan muncul data pesawat British Airways dengan nomor 335 yang berangkat dari Paris pukul 15:45 dan tiba di Bandara Heathrow London Terminal 5 pada pukul 15:48.

8. Pencarian Jadwal Film Lokal
Untuk mengetahui jadwal pemutaran film di bioskop, Anda hanya cukup mengetik judul film dan kode pos kota Anda. Sayang, pencarian ini masih sebatas di negara-negara besar. Anda dapat mengetahui jadwal film berdasarkan kode pos kota.

9. Perkiraan Cuaca
Google juga menyediakan informasi cuaca untuk semua negara secara akurat. Anda tinggal mengetikkan nama kota diikuti dengan perkiraan cuaca. Lalu, Google akan menyuguhkan informasi cuaca mulai dari tingkat curah hujan, kelembaban, tingat angin, serta perkiraan cuaca sampai minggu depan. Data yang dipakai Google didapat dari The Weather Channel. Contoh:  Barcelona forecast .

10. Data Publik
Mesin pencari Google juga menyediakan data publik setiap negara, mulai dari populasi suatu negara hingga tingkat pengangguran. Misalnya Anda ingin mengetahui tingkat pengangguran di suatu wilayah, maka tinggal ketikkan tingkat pengangguran diikuti oleh wilayahnya. Google akan menyediakan jawaban tingkat pengangguran suatu kota dengan grafik dalam 10 tahun terakhir. Contoh:  unemployment rate uk  maka akan terpampang tingkat pengangguran di United Kingdom. Namun, ini pun baru sebatas berlaku di negara-negara maju.

11. Jadwal Dan Skor Olahraga
Untuk melihat skor dan jadwal pertandingan olahraga, ketik nama tim atau nama liga pertandingan ke kotak telusur. Semua data olahraga disediakan oleh STATS, Inc. Contoh:  manchester united .

12. Memilih Kata Kunci Dan Pemeriksa Ejaan
Perangkat lunak pemeriksa ejaan Google akan memeriksa secara otomatis jika permintaan Anda menggunakan ejaan paling umum untuk kata tertentu. Jika Anda dianggap cenderung memperoleh hasil lebih baik dengan ejaan alternatif, maka perangkat akan menanyakan “Apakah maksud Anda: (ejaan yang lebih umum)?”. Klik saran ejaan untuk meluncurkan penelusuran Google bagi frasa tersebut. Misalnya query pencarian Anda adalah kata kunci  tidrur , maka Google akan menanyakan apakah maksud pencarian Anda yang benar adalah kata  tidur  meskipun tetap menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci pencarian Anda yang pertama.

13. Penyempurnaan Query Dengan Mengisi Bidang Kosong
Terkadang, cara terbaik untuk mengajukan pertanyaan adalah meminta Google untuk ‘mengisi bidang kosong’ dengan menambahkan tanda bintang (*) di bagian kalimat atau pertanyaan yang diinginkan dalam kotak penelusuran Google. Contoh:  columbus menemukan *  maka Google akan memberikan hasil pencarian yang berkaitan dengan semua hasil penemuan dari Columbus.

Itulah beberapa fitur menarik pada penelusuran di Google Search Engine yang membuktikan bahwa "Mbah Google" benar-benar jenius, bukan hanya sekedar alat pencarian biasa. Kalo Ada Yg Lain, Silahkan Agan Tambahkan di komentar. mrgreen