Dengan menggunakan perangkat Android, Anda dapat berinternet menjelajahi dan melakukan banyak hal dari satu tempat. Tapi ada saat yang kurang bagus bagi Anda yaitu ketika beberapa aplikasi mulai menggunakan data internet Anda yang bekerja diam-diam di latar belakang perangkat.

Beberapa aplikasi seperti Google, YouTube, Gmail, Facebook, WhatsApp, Lines dan hampir semua aplikasi internet lain yang terkait, sering menggunakan internet di latar belakang untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna. Misalnya, WhatsApp perlu menggunakan koneksi internet Anda di latar belakang untuk menampilkan pesan baru. Hal yang sama terjadi dengan aplikasi Facebook Messenger atau IM lainnya. Begitu pula aplikasi Facebook, membutuhkan internet untuk menampilkan pemberitahuan terbaru kepada Anda. Dan itu terus berlanjut.

Jika Anda memiliki paket data tak terbatas (unlimited), tentu tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Namun jika Anda memiliki paket data yang terbatas berdasarkan kuota, maka Anda berada dalam masalah besar karena Anda pasti harus membayar lebih banyak untuk biaya paket data.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengambil tindakan yaitu membatasi akses internet untuk aplikasi tertentu pada Android Anda misalnya ketika Anda bermaksud membuka hanya aplikasi web browser saja untuk melakukan surfing internet. Di sini ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan. Anda dapat menggunakan opsi fitur built-in, atau mungkin mencoba aplikasi pihak ketiga (third parties). Mari kita coba metode tersebut.

Batasi Penggunaan Data Di Latar Belakang Tanpa Menggunakan Aplikasi Pada Perangkat Android (menggunakan fitur Built-in)

Anda memiliki opsi untuk memblokir akses internet ke aplikasi yang Anda inginkan. Anda dapat memeriksa lebih dulu, mana aplikasi yang memakan lebih banyak data dari biasanya dan kemudian lakukan blok yang segera terhadap aplikasi tersebut. Ini sangat mudah dan tidak memakan waktu. Hanya membuka Pengaturan Aplikasi di Android dan pergi ke Penggunaan Data. Di sini Anda akan mendapatkan info semua aplikasi yang telah menghabiskan sebagian besar bandwidth. Cukup pilih salah satu aplikasi yang ingin Anda blok atau batasi. Gulir ke bawah dan beralih ke tombol Batasi aplikasi dari data latar belakang. Itu saja langkahnya. Sekarang, jika Anda tidak puas dengan pilihan Built-in ini, Anda dapat mencoba metode lain yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga, antara lain:

Call And Net Blocker (Gratis, pembelian dalam aplikasi)
Ini adalah aplikasi kecil namun efektif untuk memblokir akses internet. Call and Net Blocker adalah aplikasi untuk Android yang tersedia untuk Android 2.3 dan versi yang lebih baru dan Anda dapat men-downloadnya langsung dari Google Play Store. Setelah men-download, buka saja, Anda akan mendapatkan semua aplikasi yang menggunakan internet. Cukup pilih satu aplikasi dan buat tanda centang di kotak centang yang sesuai. Anda dapat memblokir aplikasi tertentu terhadap akses Mobile Data serta akses data WiFi.

NoRoot Firewall (Gratis)
Aplikasi NoRoot Firewall tersedia untuk Android 4.0 dan versi yang lebih baru. Aplikasi yang berukuran 1 MB ini dapat dengan mudah membatasi akses internet untuk aplikasi tertentu pada Android. Anda dapat menggunakan aplikasi ini pada perangkat yang telah di root maupun yang non-root. Meskipun aplikasi Call And Net Blocker dan NoRoot Firewall memberikan pilihan yang sama tapi aplikasi ini entah lebih baik dari aplikasi Net Blocker tersebut. User Interfacenya begitu rapi dan bersih. Anda hanya membuka aplikasi, pergi ke halaman Apps, pilih aplikasi dan buat tanda centang pada kotak centang masing-masing aplikasi.

DroidWall (Gratis)
Aplikasi ini bekerja seperti Firewall dan mengharuskan perangkat di root terlebih dahulu. Umumnya Firewall membantu pengguna untuk memeriksa dan memblokir koneksi masuk dan keluar. DroidWall melakukan hal yang sama seperti ini. Anda dapat mencegah aplikasi apapun dari menggunakan koneksi internet Anda melalui alat ini, yang tersedia untuk Android 1.5 dan versi yang lebih baru. Anda hanya membukanya, pilih aplikasi dan jenis data lalu centang pada kotak centang yang tersedia.

Masih banyak aplikasi serupa yang tersedia di Google Play, dan apa yang bisa saya bahas pada artikel ini hayalah merupakan bahan referensi saja bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Posted by HanafiPediaNewbie