earphone1.jpg

Earphone merupakan salah satu aksesoris yang sering digunakan sehari-hari. Biasanya alat ini sering digunakan bersama dengan gadget, baik itu handphone, mp3, laptop dan yang lainnya.

Fungsinya merupakan sebagai alat pendengar, baik itu saat sedang menelepon ataupun mendengarkan musik. Selain itu, dengan menggunakan earphone kita tidak akan mengganggu orang di sekitar.

Namun, tahukah kalian bagaimana Cara menggunakan earphone yang benar? Mungkin banyak orang yang sering salah saat menggunakan earphone termasuk saya. Beginilah seharusnya.

earphone2.jpg

Earphone harus melingkari dulu telinga seperti gambar sebelah kanan. Setelah mengetahui cara memakai earphone yang benar, sebaiknya kita juga harus tahu apa saja dampak buruknya.

Berikut ini beberapa Dampak buruk dari menggunakan earphone :

1. Kurangnya Pendengaran

Menggunakan earphone dengan volume tinggi bisa membuat pendengaran terganggu. Hal ini akan menyulitkan kita saat berkomunikasi dengan orang lain.

2. Kerusakan Pendengaran Permanen

Selain kurangnya pendengaran, dampat yang lebih buruk dari penggunaan earphone ini adalah kerusakan pendengaran secara permanen.

3. Gangguan Otak

Earphone menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghantarkan suara. Hal ini bisa menggangu kinerja otak.

Maka dari itu, sebaiknya kita menggunakan earphone hanya saat diperlukan saja. Karena jika kita tidak hati-hati, teknologi yang harusnya membantu ini malah jadi merugikan.

Baca Juga : Solusi Jika Kesiangan Untuk Melaksanakan Sholat Subuh