aa.jpg

Di Saat ini, komputer Atau Laptop adalah teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dengan adanya benda tersebut, berbagai aktivitas manusia dapat diselesaikan dengan cepat. Misalnya saja untuk mengerjakan tugas, bekerja dan lain-lain.

Karena fungsinya yang luar biasa inilah teknologi komputer terus menerus diperbaharui sehingga makin modern. Seperti yang dapat dilihat bahwa komputer telah dimodifikasi agar dapat dibawa kemana-mana dan mempunyai ukuran yang lebih simpel dan praktis.

Kemudian, karena ketergantungan dengan teknologi yang satu inilah banyak orang akhirnya tidak bisa beranjak dari tempat duduknya di depan komputer. Akan tetapi, duduk di depan komputer ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuh. Apa sajakah gangguan kesehatan yang disebabkan karena terlalu lama duduk di depan komputer? Berikut ini ulasan singkat mengenai hal tersebut.

A. Gangguan Pada Mata

Gangguan kesehatan yang pertama ialah gangguan pada mata. Seperti yang telah diketahui bahwa komputer yang menyala akan memancarkan radiasi, dan radiasi inilah yang membuat pandangan seseorang terganggu. Ketika seseorang menatap layar komputer terlalu lama, gangguan mata seperti mata perih, mata merah dan mata berair sangatlah umum terjadi. Tapi, jika hal ini terus-menerus dibiarkan, bahaya radiasi komputer bisa mengakibatkan gangguan serius pada mata seperti mata minus.

B. Gangguan Tulang Belakang

Ketika seseorang bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama, ia akan memposisikan duduknya serileks mungkin agar tidak cepat lelah.

Akan tetapi, terkadang orang yang duduk dengan rileks tidak memperhatikan apakah posisi duduk tersebut benar atau tidak. Jika orang tersebut tidak duduk dalam posisi yang benar dalam ilmu kesehatan, akan ada kemungkinan jika orang tersebut terkena gangguan tulang belakang.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh salahnya posisi duduk seseorang dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan tulang bengkok ke kiri, ke kanan atau membungkuk. Jika hal ini dibiarkan, hal ini dapat membahayakan kesehatan karena resiko syaraf tulang belakang terjepit meningkat.

C. Kanker Usus

Selain itu, gangguan kesehatan lain yang dapat terjadi jika duduk di depan komputer terlalu lama ialah kanker usus. Menurut penelitian di Australia, orang yang sering duduk di depan komputer terlalu lama mempunyai resiko kanker usus yang tinggi.

Hal ini disebabkan oleh pasifnya tubuh ketika sedang ada di depan komputer sehingga resiko kanker usus pun meningkat.

D. Serangan Jantung

Dampak buruk lain dari duduk terlalu lama di depan layar komputer ialah terkena serangan jantung. Dari hasil penelitian di London, Inggris, duduk di depan layar komputer dalam waktu yang cukup lama akan meningkatkan resiko serangan jantung sekitar 67%.

Hal ini disebabkan oleh badan yang kurang gerak sehingga aktivitas jantung dapat terganggu yang bisa memicu serangan jantung. Apalagi yang telah mengalami penyakit jantung.

E. Terjadinya Pengumpulan Darah

Resiko lain yang terjadi pada seseorang apabila terlalu lama duduk di depan layar komputer adalah adanya penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini dapat terjadi karena tubuh tidak melakukan gerakan yang dapat membanti aliran darah menjadi normal.

Jelaslah bahwa penggumpalan darah akan sangat berbahaya bagi tubuh sebab jika dibiarkan, gumpalan darah tersebut dapat menyumbat aliran darah yang bisa menyebabkan pembuluh darah pecah.

Pecahnya pembuluh darah ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian mendadak.

F. Kegemukan

Dengan duduk dalam jangka waktu yang lama di depan komputer, seseorang akan lebih beresiko mempunyai kelebihan berat badan atau kegemukan. Mengapa demikian? Dalam hal ini, lemak yang ada dalam tubuh tidak akan diubah menjadi energi jika seseorang pasif atau tidak melakukan gerakan apa pun.

Hasilnya ialah menumpuknya lemak di bawah lapisan kulit yang mengakibatkan seseorang mengalami kegemukan.Menurut penelitian yang telah dilakukan, resiko obesitas ini dapat dikurangi hanya dengan berdiri beberapa saat.

G. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu dampak buruk yang disebabkan oleh aktivitas duduk terlalu lama di depan komputer.

Gangguan kesehatan ini merupakan gangguan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang, dan hal ini dikarenakan cahaya yang terpancar dari layar komputer. Cahaya flourescent dari layar komputerlah yang menyebabkan gangguan kesehatan yang satu ini terjadi saat seseorang bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama.

H. Terkena Radiasi Listrik

Karena perangkat komputer hanya dapat dioperasikan jika ada listrik, maka penggunaan listrik tidak dapat dipisahkan dari perangkat komputer. Kemudian, listrik ini akan memancarkan radiasi jika digunakan sehingga apabila seseorang bekerja di depan komputer, orang tersebut tentu akan terpapar radiasi listrik.

I. Menurunnya Daya Ingat

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan para ahli, bekerja terlalu lama di depan layar komputer dapat menurunkan daya ingat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja di depan layar komputer lebih dari 55 jam dalam seminggu mengalami penurunan daya ingat jika hal ini dibandingkan dengan orang yang seminggu bekerja selama 41 jam di depan layar komputer.

Langkah Pencegahan Bahaya Duduk Lama di Depan Komputer

Akan tetapi, dampak buruk di atas sebenarnya dapat diatasi atau setidaknya diminimalisir. Dengan melakukan beberapa hal berikut, seseorang dapat menurunkan resiko gangguan kesehatan yang dikarenakan oleh aktivitas duduk terlalu lama di depan komputer :

1. Lapis Layar Komputer dengan Kaca Anti Radiasi

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah dengan melapisi layar komputer dengan kaca anti radiasi.

Penggunaan kaca ini memang cukup efektif dalam mengurangi pancaran radiasi dari komputer sehingga dapat menurunkan resiko gangguan mata danpenyebab sakit kepala.

2. Memakai Kacamata Anti Radiasi

Cara lain untuk menurunkan resiko gangguan mata dan sakit kepala adalah pengguna komputer memakai kacamata anti radiasi. Penggunaan kacamata ini dapat dilakukan sebelum pengguna komputer duduk di depan layar atau bisa juga ketika mata sudah mulai lelah.

3. Duduk dengan Posisi yang Benar

Posisi tegak adalah posisi duduk yang benar di depan komputer. Hal ini juga dapat didukung dengan menggunakan kursi yang khusus dibuat untuk kesehatan tulang belakang. Dengan posisi duduk yang benar, gangguan tulang belakang yang dikarenakan bahaya duduk terlalu lama di depan layar komputer dapat diminimalisir.

4. Melakukan Relaksasi

Duduk di depan komputer terlalu lama memang melelahkan. Maka dari itu, jika tubuh sudah terasa kaku atau tegang, lakukanlah beberapa gerakan relaksasi seperti gerakan senam sederhana. Bisa gerakan berdiri, gerakan tangan dan kaki diregangkan atau juga menggerakan kepala seperti yang dilakukan di dalam senam.

Dari seluruh penjelasan di atas, ternyata bekerja terlalu lama di depan layar komputer menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Maka dari itu, dengan melakukan 4 hal yang dapat meminimalisir gangguan tersebut, seseorang tentu saja akan mempunyai badan yang lebih sehat walaupun sering bekerja lama di depan komputer.