mencegah-gigi-berlubang.png

Menyikat gigi merupakan salah satu kegiatan rutinitas manusia setiap hari. Namun, tahukah anda? Bahwa kebiasaan menyikat gigi yang salah justru akan menyebabkan gigi lebih rentan mengalami gigi berlubang, kerusakan, dan sakit gusi. Pasti kalian tidak ingin mengalami hal itu bukan?? Niat ingin membuat gigi kuat dan sehat, walhasil, gigi malah menjadi rusak dan mengurangi kepercayaan diri anda untuk tersenyum.

Nah, agar kalian terhindar dari hal tersebut, yuk simak tips saat menyikat berikut

1. Sikat gigi minimal 2-3 menit

Banyak orang yang tidak menghabiskan cukup waktu saat menyikat gigi. Seharusnya, kita menyikat gigi minimal 2-3 menit untuk hasil gigi yang bersih dan sehat. Karena jika kita menyikat gigi dengan waktu yang tidak cukup, maka bakteri yang terdapat dalam gigi tidak akan hilang seluruhnya bahkan tidak hilang sama sekali.

2. Bercermin

299299_ilustrasi-wanita-sikat-gigi_663_3

Apakah anda bercermin saat menyikat gigi? Jika tidak, maka mulailah untuk melakukannya mulai dari sekarang. Dengan bercermin, anda akan mudah membersihkan bagian yang tepat di garis gusi seperti plak, tartar dan bakteri yang menyebabkan gusi terinfeksi (gingivitis)

3. Gunakan tekhnik yang benar

Biasakanlah untuk menyikat gigi dengan cara atau tekhnik yang benar. Menyikat gigi sebaiknya pada sudut 45 derajat dan sikat dengan pola lingkaran kecil. Sikat juga garis gusi untuk membersihkan plak dan bakteri yang tersisa. Enamel gigi terbuat dari kalsium padat. Ketika anda menyikat gigi secara terus-menerus kesamping maka gigi rentan rapuh.

4. Sikat gigi secara perlahan

Sikatlah gigi secara perlahan. Karena menyikat gigi dengan terlalu keras akan menyebabkan lesi abfraksi (kerusakan enamel gigi), gusi sensitif, iritasi, dan resesi.

5. Gunakan sikat gigi yang tepat

Memilih-sikat-gigi-anak.jpeg

Pastikan untuk memakai sikat gigi yang lembut atau ultrasoft untuk meminimalkan kerusakan. Bahkan, sikat gigi yang lembut pun dapat menyebabkan lecet jika tidak digunakan dengan benar.

6. Perhatikan Kondisi sikat gigi

Sikat_Gigi_Rusak.jpg

Sikat gigi merupakan tempat kuman hinggap. Anda harus mengganti sikat gigi secara rutin setiap 3 bulan sekali atau ketika bulunya sudah terlihat usang dan rusak. Bilas sikat gigi dengan air panas setelah digunakan dan biarkan hingga benar-benar kering.

7. Gunakan pasta gigi yang tepat dan baik

6-Rahasia-Di-Balik-Penggunaan-Pasta-Gigi

Setiap pasta gigi mempunyai fungsi masing-masing. Gunakan pasta gigi sesuai kesehatan gigi dan mulut anda. Jangan gunakan sikat gigi yang sudah sangat lama tidak terpakai.

8. Berkumur setelah menyikat gigi

2012021319011033237.jpg

Menyikat gigi dan flossing efektif membersihkan bakteri dan plak dari permukaan bumi. Tapi, berkumur dengan air adalah kunci untuk memastikan bakteri pergi dari mulut. Bila ingin lebih efektif, gunakan mouthwash bebas alkohol untuk memperkuat dan membentengi email gigi serta mencegah gigi berlubang.

Gimana?? Udah pada tau kan tips saat menyikat gigi yang efektif? Maka dari itu, hindari kebiasaan menyikat gigi anda yang salah jika tidak ingin mendapatkan resiko kerusakan gigi apalagi sampai mengalami sakit gigi karena gusi berlubang.. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa komentarnya..