fakta-tentang-kerokan.jpg

Kerokan adalah sebuah metode pengobatan tradisional untuk mengobati gejala masuk angin. Caranya adalah dengan menggesekan benda tumpul seperti logam pada bagian punggung.

Pengobatan tradisional ini memang sangat populer, bahkan sejak zaman kerajaan Nusantara dahulu. Selain karena rasanya yang nyaman, kerokan juga merupakan pengobatan yang sangat mudah dan murah.

Berikut ini ada 5 Fakta Tentang Kerokan Yang Harus Kamu Ketahui.

1. Kenapa Kerokan Bisa Menyembuhkan Masuk Angin?

Saat masuk angin, suhu tubuh menurun dan tubuh menjadi kedinginan. Hal itu disebabkan adanya penyempitan pada pembuluh darah yang menyebabkan pasokan oksigen keseluruh tubuh terganggu (terutama bagian belakang). Hal itu ditandai dengan gejala bersin-bersin.

Maka dari itu, kerokan harus dilakukan. Karena logam atau benda tumpul yang digosokan secara berulang-ulang pada tubuh akan menghasilkan panas yang bisa menormalkan suhu tubuh yang dingin karena masuk angin.

2. Kenapa Kerokan Menghasilkan Warna Merah?

Warna merah pada permukaan kulit setelah dikerok disebabkan inflamasi atau radang yang menyebabkan kapiler-kapiler pembuluh darah melebar. Hal ini merupakan pertanda baik karena dapat melancarkan peredaran darah dan menghasikan panas yang tentunya bisa menyembuhkan gejala masuk angin. Warna merah pada saat kerokan ini bisa menjadi tolak ukur. Semakin merah warnanya maka semakin parah gejala masuk anginnya.

Baca juga : Ciri - Ciri Orang Pendendam dan Cara Terhindar dari Sifat Pendendam

3. Kerokan Populer Di Seluruh Dunia

Selain di Indonesia, metode pengobatan tradisional ini juga dilakukan diberbagai negara diseluruh dunia. Di Cina, kerokan disebut Gua Sha yang artinya menggosok untuk mengeluarkan racun. Selain itu kerokan disebut Cao Gio di Vietnam, dan Goh Kyol di Kamboja. Bahkan di Eropa kerokan disebut Coining atau Coin Rubbing.

4. Kerokan Dapat Menyebabkan Kecanduan

Rasa nyaman yang dihasilkan dari kerokan bisa menyebabkan kecanduan. Hal ini berbahaya, karena jika dilakukan berulang-ulang bisa merusak tubuh.

5. Kerokan Bisa Menyebabkan Stroke

Kerokan dapat melancarkan peredaran darah karena dapat melebarkan pembuluh darah. Namun, jika dilakukan berulang-ulang akan sangat berbahaya. Karena jika pembuluh darah semakin melebar lalu pecah maka bisa menyebabakan Stroke.

Dan itulah 5 Fakta Tentang Kerokan Yang Harus Kamu Ketahui. Pengobatan tradisional memang bagus, namun ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Karena, masih banyak orang yang belum mengetahui dampak-dampak yang dihasilkan dari pengobatan tradisional.

Tags : Manfaat Kerokan, Stroke, Kecanduan, Pengobatan Tradisional