mandisubuh.jpg 

Mandi merupakan salahsatu rutinitas yang wajib dilakukan oleh manusia. Karena mandi merupakan upaya untuk membuat tubuh selalu bersih sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Biasanya, mandi dilakukan 2 kali sehari. Yaitu setiap pagi dan sore hari, sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan. Ada baiknya, kita melakukan mandi pagi pada waktu subuh. Sekitar jam 3-5 pagi hari. Karena, mandi pada waktu tersebut banyak manfaatnya. Berikut ini 5 Dampak Positif Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan Tubuh. 

1. Mencegah Penyakit Rheumatik 

Air di pagi hari memiliki kandungan karbondioksida yang baik. Hal ini bisa mencegah penyakit Rheumatik. Sebaliknya, mandi pada malam malah akan menyebabkan penyakit Rheumatik.

2. Melancarkan Peredaran Darah 

Suhu air yang rendah pada pagi hari dapat memberikan efek positif, karena bisa menimbulkan rangsangan pada tubuh yang dapat melancarkan peredaran darah.

Baca Juga : Solusi Jika Kesiangan Untuk Melaksanakan Sholat Subuh

3. Menurunkan Resiko Darah Tinggi 

Mandi di pagi hari dapat mencegah pengerasan pada pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit darah tinggi.

4. Menghilangkan Stres 

Saat mandi pagi hari, tubuh mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Hal itu berasal dari air dingin yang menyiram tubuh. Hal ini bermanfaat menghilangkan stres.

5. Mencegah Penyakit Diabetes 

Kadar gula darah yang tinggi adalah salah satu penyebab penyebab penyakit Diabetes. Hal ini bisa diatasi dengan mandi di pagi hari, karah suhu dingin pada air dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Sekianlah 5 Dampak Positif Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan Tubuh.

Ada baiknya kita bangun lebih awal sebelum waktu subuh lalu mandi. Karena itu merupakan cara Rasulullah S.A.W untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, mandi subuh juga bisa memberikan kesegaran pada tubuh agar bersemangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga : Cara Memakai Earphone Yang Benar Dan Dampak Buruknya