Sebelum mulai mempromosikan blog, coba Anda bayangkan terlebih dahulu sebentar, blog Anda adalah blog yang sudah terkenal, diketahui dan dikunjungi oleh banyak orang, komentar para pengunjung membludak sampai-sampai, kitapun kesulitan dalam membalas satu persatu komentar mereka. Kemudian, apa yang bisa kita untungkan atas terkenalnya blog kita? Tentu kita bisa memonetisasi blog kita untuk menghasilkan uang. Bukan hanya ratusan ribu, tetapi mencapai jumlah hingga jutaan ribu. Kita cukup duduk di depan laptop dan mengelola blog, uang bisa kita dapatkan. Menarik bukan?

Baca juga : Cara Mudah Membuat Pengunjung Blog Merasa Nyaman

Lantas, apakah yang harus kita lakukan agar blog kita bisa terkenal? Apalagi kalau bukan promosi. Bukan cuma produk yang memerlukan promosi agar terkenal, tetapi blog juga demikian. Namun, promosi antara blog dan produk tentunya berbeda. Jika produk biasanya dipromosikan lewat iklan, tidak demikian dengan blog. Supaya kita lebih tau, mari kita simak tips mempromosikan blog seperti dibawah ini.

Cara Mempromosikan Blog

Cara Mempromosikan Blog Agar Cepat Terkenal

Melakukan Blogwalking

Betul, selain untuk saling menyapa sesama blogger, memang blogwalking merupakan kegiatan yang dapat mempromosikan blog kita. Dan cara ini akan maksimal hasilnya apabila kita melakukan blogwalking di blog-blog yang sudah banyak pengunjungnya. Tapi jangan lupa yaa, kalo blogwalking harus meninggalkan jejak berupa komentar, dan komentarnya juga harus nyambung dengan isi artikel. Jangan cuma modal kata kunbal atau nyimak, bisa-bisa admin blog yang kita komentari malah ngehapus tuh komentar kita. Kan percuma blogwalkingnya.. hehehe

Berbagi Link Artikel ke Sosial Media

Biasanya para blogger sudah banyak melakukan hal ini. Mereka berbagi link artikel ke Facebook, Twitter dan sosial media lainya. Untuk melakukan cara ini, tentunya judul artikel harus dibuat menarik agar pengguna sosmed tertarik untuk mengunjungi link yang kita bagikan.

Mengikuti Kontes Para Blogger

Ini sangat cocok dengan platform blogging yang kita gunakan, mengingat di Mywapblog sering ada kontes yang melibatkan para blogger MWB. Kenapa mengikuti kontes? Hmmm.. Sekarang coba kita lihat. Biasanya penyelenggara kontes akan membuat daftar para peserta. Apabila kita ikut, pasti nama blog kita juga ikut terdaftar. Ini merupakan salah satu kesempatan bagi kita agar blog kita tercantum dalam isi postingan dari blog lain. Selain itu, jika kita memenangkan kontes nanti, tentu penyelenggara juga akan menampilkan blog kita sebagai pemenang. Dan pengunjung pasti akan menengok blog kita yang sudah memenangkan kontes. Mereka ingin tau isi blog kita. Apa sih yang ada di dalam postingan blognya? Kok bisa-bisanya menang kontes. Kurang lebih seperti itu.

Menjadi Sponsor atau Donatur Kontes

Menjadi sponsor kontes ataupun donatur juga bisa kita lakukan. Kenapa? Karena biasanya penyelenggara akan menampilkan para sponsor kontes. Misalnya pada kontes lomba karaoke yang diselenggarakan oleh blog 4mrana, disitu admin blognya menampilkan para donatur pemberi hadiah. Nah, jika kita termasuk menjadi donatur sebuah kontes, disitulah blog kita bisa dilihat oleh pengunjung maupun peserta kontes dan besar kemungkinan untuk dikunjungi oleh mereka.

Menjadi Penyelenggara Kontes Blog

Yap... ini juga salah satu cara yang ampuh untuk promosi blog. Karena biasanya penyelenggara akan mencantumkan syarat untuk menampilkan info kontes di navigasi atau salah satu postingan peserta kontes. Dengan demikian, info yang disebarkan oleh peserta kontes tadi bisa cepat diketahui oleh kebanyakan blogger. Semakin banyak yang mengikuti kontes kita, maka semakin maksimal pula promosi bagi blog kita. Namun hal penting menjadi penyelenggara kontes adalah harus benar-benar serius dalam melakukan kontes. Termasuk juga dalam pemberian hadiah nanti. Jika kita berbohong kepada peserta justru kita yang akan rugi. Peserta tidak akan ragu untuk melaporkan blog kita untuk segera di block. Wah bahaya banget tuhhh... hehehe.

Itu tadi tips untuk mempromosikan blog yang dapat saya sampaikan. Tentunya setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam melakukan promosi blog mereka masing-masing. Bagaimanakah dengan Anda? Apakah cara diatas pernah Anda jalankan? atau, justru Anda memiliki cara sendiri yang berbeda? Boleh kok dishare lewat komentar biar cara untuk promosi blog bisa banyak yang tau. Saya tunggu yaaa...