Mahasiswa kadang mendapat masalah seperti file tugas yang harus di-download dari komputer, info tugas yang kurang jelas, jadwal kuliah yang kadang berubah, dan masih banyak lagi hal yang harus dikerjakan.

Pada artikel kali ini, Admin akan memberikan beberapa aplikasi yang wajib dimiliki mahasiswa supaya bisa membantu kamu dalam menuntut ilmu di perkuliahan atau dimana pun. Simak ulasan selengkapnya ya!
10 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Mahasiswa

1. Aplikasi Media Sosial
Yang pertama ya pasti media sosial karena di zamanyang modern ini sudah jarang orang menggunakan SMS atau telepon karena menganggap aplikasi media sosial lebih menguntungkan. Apalagi sekarang WiFi bertebaran dimana-mana dan paket data sudah murah. Jadi aplikasi media sosial sangat berguna sebagai sarana komunikasi kepada sesama teman, dosen, dan keluarga. Aplikasi ini dapat menjadi tempat sharing yang baik apabila kita kesulitan mengerjakan tugas sendiri.

2. Google Drive
Berguna sebagai tempat berbagi file antara dosen dengan murid, teman dengan teman, atau tempat men-download bahan ajar yang disimpan oleh dosen. Google Drive juga bisa menjadi tempat menyimpan file-file seperti skripsi, file tugas, dan masih banyak lagi. Jika kamu menyimpannya di Drive, maka kamu bisa berbagi bersama teman kamu jika kamu tidak bisa bertemu langsung atau jika ingin file tersebut lebih mudah diakses untuk ke depannya.

3. GMail
Kegunaan GMail adalah untuk mengirim dan menerima email mengenai perkuliahan yang terkadang malas untuk membuka langsung dari laptop atau PC karena ribet, jadi GMail memudahkan kita menerima berita dengan leluasa hanya berbekal internet dan smartphone. Kamu akan selalu up to date dengan email dan dapat menjadi sarana untukmengirim tugas ke dosen.

4. WPS Office
Aplikasi WPS Office ini berguna untuk membuka file-file berformat .doc atau file-file microsoft yang kadang hanya bisa diakses dari PC. Aplikasi ini juga menjadi solusi tepat untuk kita yang sedang buru-buru mengecek file yang ingin dikirim, dicetak, atau keadaan-keadaan mendesak lainnya.

5. Todoist
Aplikasi Todoist berguna untuk mengingatkan jadwal kegiatanmu yang harus dikerjakan. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan simpel bagi kamu yang nggak mau ribet. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang punya jadwal padat dan ingin mengatur waktu seefisien mungkin agar tugas terpenuhi dan hal-hal penting lainnya terlaksana.

6. Google Translate
Google Translate sudah memiliki fitur kamus offline dan dapat juga menerjemahkan kata dengan foto. Fitur tersebut akan sangat berguna jika kamu kesulitan menulis kata yang akan diterjemahkan. Jadi aplikasi ini recommended banget buat kamu untuk mempermudah dalam menerjemahkan bahasa asing

7. Math Alarm Clock
Math Alarm Clock penting banget buat kamu yang susah banget bangun tidur. Meski pakai alarm, kadang sering dimatikan secara tidak sadar dan malah tertidur lagi padahal ada jadwal yang sangat penting seperti meeting atau ujian. Alarm ini cocok untuk kamu karena saat menyala, untuk mematikannya kamu harus menyelesaikan soal matematika yang menuntut kamu untuk bangun dan berpikir terlebih dahulu demi mematikannya.

8. Photomath
Aplikasi Photomath ini cukup berguna juga bila kamu kadang tidak punya waktu untuk mengerjakan soal matematika. Tapi jangan digunakan untuk mencontek ya nanti kamu malah nggak bisa-bisa. Jadi pergunakan aplikasi ini untuk belajar dan membiasakan diri menggunakannya hanya saat terdesak saja seperti saat belajar dan kurang yakin dengan jawaban tugasmu.
Aplikasi Photo Math berguna bilamana kamu ada mata kuliah Kimia yang diharuskan untuk menghafal nama-nama zat kimia yang sering terlupakan. Jadi solusinya kamu bisa mengunduh dan melihatnya saat dibutuhkan.

9. Evernote
Aplikasi mahasiswa ini cukup membantu kita dalam membuat catatan. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa menyisipkan gambar untuk membuat kita lebih mudah mengingat apa yang kita tulis dan kepentingan dari catatan tersebut. Misalnya kita memberi gambar buku untuk catatan pelajaran dan gambar lain untuk hal lain seperti curhatan atau hal pribadi lainya.

10. Money Wise
Money Wise cocok untuk kamu yang ingin mengatur keuangan agar pengeluaranmu tidak membludak dan dapat diminimalisir. Cocok sekali buat mahasiswa yang sedang belajar lebih mandiri dan berusaha untuk menabung demi bisa berbelanja hal yang diinginkan. Kamu yang ingin kesehatan dompet terjaga wajib mengunduh aplikasi ini.
Semoga dengan aplikasi-aplikasi di atas, kegiatan pembelajaran kamu lebih baik dan lebih maksimal lagi, serta tidak mengalami kejadian yang membuat down dan kehilangan semangat.